Kajian Online Pekanan
Pekan ke-1: Spesial Syawal
Tahun ke-VII/Mei/2023
Program “Go Islamic”
FIKES UNIMMA

Kedermawanan hati

Berderma dengan harta benda nampaknya sudah menjadi hal yang biasa ditemui. Namun, berderma dengan hati melalui mendo’akan orang lain adalah amalan yang jarang ditemui. Akan lebih mustajab dan dapat menjaga keikhlasan, jika dilakukan diam – diam atau tidak disampaikan kepada orang tersebut kalau kita sudah mendo’akannya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912; Shahih).

Dalam sebuah referensi juga disampaikan bahwa mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuannya menunjukkan jujurnya keimanan seseorang (Syarah Riyadhus Shalihin No.6/54 karya Ibnu Utsaimin).

Oleh karena itu, momen setelah Ramadhan (yakni di bulan syawal) adalah momen yang tepat untuk meningkatkan amalan; dan salah satunya adalah mendo’akan kebaikan orang lain secara diam-diam. Karena dalam suatu kondisi, kedermawanan hati lebih utama daripada kedermawanan materi.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *